Cara pewarnaan Anodizing Aluminium pasti berhasil

Halo Diy Makers kembali lagi bersama ideku bagus, kali ini kita akan membahas bagaimana cara anodizing aluminium. Kalo kamu belum tahu apa itu anodize, kamu bisa lihat sparepart bagian motor atau sepeda kamu yang berwarna dan kinclong berbahan aluminium, nah salah satu teknik pewarnaan nya adalah dengan anodize.



Pengertian anodize sendiri adalah proses elektrolisa menggunakan larutan elektrolit sebagai penghubung antara katoda dan anoda. keuntungan anodize sendiri adalah, cat meresap ke pori pori terdalam aluminium. sehingga cat tidak mudah tergores ataupun Luntur. Saya sendiri melakukan percobaan ini berkali kali sehingga mendapatkan hasil yang hampir sempurna. Kuncinya adalah Sabar.

Langsung aja yuk kita praktekkan.... Pada Percobaan kali ini, saya akan menganodize part 3dPrinter yang terbuat dari aluminium. Kita akan melakukan percobaan sekala rumahan ya, jadi bahan yang diperlukan tidak banyak.



NB:

  1. Bahan yang akan di anodizing berada di kutup Positif
  2. Anda bermain dengan bahan keras .. so safety first
    • Alat
      • 1. ATX PSU atau power suplay DC
        2. pipa kecil aluminium atau bekas minuman kaleng (tapi di rendam di Soda api dulu)
        3. sarung tangan karet
        4. ember
        5. batang aluminium (untuk menggantung bahan)
        6. Bahan Aluminium (untuk kutup negatif )
        7. wadah plastik (untuk tempat cat)
    • Bahan

      • 1. Pewarna Bahan ( Wantek / Wantex)
        2. Asam sulfat
        3. Air panas
        4. Air dingin
    • Cara Kerja
      • 1. Tuang air panas ke wadah plastik lalu taruh 1-3 Bungkus pewarna wantex Lalu Diamkan
        (volume air harus sesuai dengan bahan yang akan kita anodize. usahakan terendam seluruh bahan tersebut)

        2. Siapkan Cairan solution nya dengan Perbandingan 1 : 3 Dimana Asam sulfat 1 : Air 3, lalu taruh di ember. (cairan solution harus menutupi seluruh permukaan aluminium yang akan kita anodize)

        3. Siapkan Power suplay DC, Tarik (kabel Positif) dari power suplay dan di hubungkan ke Batang aluminium.(Posisikan batang aluminium melintang di atas ember) Siapkan pipa aluminium Lalu di hubungkan ke Aluminium yang akan kita anodize dengan cara di Tekuk Pipanya sehingga menjepit bahan. (Aluminium yg akan di anodize harus mengambang tidak nempel di sisi bawah / samping ember supaya seluruh permukaan ter anodize)

        4. Tarik (Kabel Negatif) Lalu di hubungan dengan aluminium bahan sebagai katoda(-) (Aluminium Katoda harus lebih besar dari anoda)

        5. Rendam aluminium Katoda(-) Kedalam solution, lalu rendam Aluminium Anoda(+) yg sudah menempel di batang aluminium.





        6. Nyalakan Power Supplay, tunggu hingga 1-2jam (Proses anodizing selesai ketika tidak ada gelembung dari aluminium katoda(-))

        7. Setelah tidak ada lagi gelembung maka proses anodizing selesai

        Tahap Pewarnaan

        Setelah Proses anodizing selesai, dimana sudah tidak ada lagi gelembung yang keluar dari bahan aluminium katoda(-) dilanjutkan dengan proses pewarnaan.

        1. Siram dengan air mengalir Bahan aluminium tersebut, setelah sekiranya sudah tidak ada lagi cairan asam sulfat yang menempel di material.

        2. Rendam Aluminium tersebut di dalam wadah yang berisi Pewarna Wantex, (Air Harus Panas) Lalu diamkan sekitar 30 menit, sambil di lihat perubahan warna terhadap aluminium.

        3. Setelah warna yang di inginkan tercapai, Angkat Aluminium Tersebut, lalu bilas dengan Air dingin.




        4. Keringkan

Untuk Video nanti menyusul ya, sekarang dalam tahap Editing



Kesimpulan

Tips Sukses dalam Proses Anodizing adalah sebagai berikut

1. banyak artikel yang menjelaskan bahwa setelah perendaman bahan di dalam cat maka bilas dengan air panas, Itu salah !!!
Yang saya alami adalah, setelah saya bilas air panas, pewarna tersebut malah luntur kembali.
Bilas lah dengan air dingin....

2. cara cek Bahan yang sudah teranodize dengan menggunakan Avometer setelan Ohm lalu tempel kutub Plus dan minus di bagian aluminium tersebut, apabila Proses Anodizing berhasil maka Tidak ada resistensi pada avometer.

3. Gunakan Batang aluminum atau minuman kaleng di gunting menyerupai lembaran panjang, lalu rendam di soda api untuk menghilang kan anodize pada kaleng aluminum.., kawat ataupun kabel aluminium akan putus saat proses anodizing karena kepanasan.








Hasil Anodize

0 Response to "Cara pewarnaan Anodizing Aluminium pasti berhasil"

Post a Comment