1. Merakit Mesin MPCNC (Persiapan)



1. Merakit Mesin MPCNC (Penjelasan)



Hallo DIY Makers Indonesia, Pada artikel kali ini saya akan mempublish Project yang sedang saya kerjakan. Saat ini saya sedang merakit mesin CNC dengan budged minim, Saya mengambil Project dari V1Engineering yang bernama MPCNC.

Merakit Mesin CNC Sendiri?



Ya, alasan kenapa saya merakit mesin CNC adalah untuk menunjang Project Perumahan yang sedang saya kerjakan. Banyak sekali kegunaan dari mesin CNC tersebut.

Jadi saya putuskan untuk merakitnya sendiri, untuk meminimalisir biaya pembangunan perumahan nantinya.

Apa sih mesin CNC ?


Computer Numerical Control, disingkat CNC, (berarti "komputer kontrol numerik") merupakan sistem otomasi mesin perkakas yang dioperasikan oleh perintah yang diprogram secara abstrak dan disimpan di media penyimpanan.

Hal ini berlawanan dengan kebiasaan sebelumnya di mana mesin perkakas biasanya dikontrol dengan putaran tangan atau otomasi sederhana menggunakan cam. Kata NC sendiri adalah singkatan dalam bahasa Inggris dari kata Numerical Control yang artinya "kontrol numerik". 

Mesin NC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 1940-an dan 1950-an, dengan memodifikasi mesin perkakas biasa. Dalam hal ini mesin perkakas biasa ditambahkan dengan motor yang akan menggerakan pengontrol mengikuti titik-titik yang dimasukan kedalam sistem oleh perekam kertas. 

Mesin perpaduan antara servo motor dan mekanis ini segera digantikan dengan sistem analog dan kemudian komputer digital, menciptakan Mesin perkakas modern yang disebut Mesin CNC (computer numerical control) yang dikemudian hari telah merevolusi proses desain. Saat ini mesin CNC mempunyai hubungan yang sangat erat dengan program CAD. 

Mesin-mesin CNC dibangun untuk menjawab tantangan di dunia manufaktur modern. Dengan mesin CNC, ketelitian suatu produk dapat dijamin hingga 1/100 mm lebih, pengerjaan produk massal dengan hasil yang sama persis dan waktu permesinan yang cepat.

Sumber : Wikipedia

Alasan kenapa saya memilih MPCNC untuk Project CNC saya



Mungkin bagi kalian yang sudah googling dan sudah mempunyai rencana untuk merakit mesin CNC, pasti sudah banyak melihat model opensource beredar. salah satu kendala dalam perakitan mesin CNC adalah biaya nya yang mahal, seperti aluminium extrusion untuk frame nya. dan part kecil lain nya yang menurut saya juga mahal.

Nah, untuk Mesin MPCNC sendiri terbilang unik, ini dia alasan kenapa saya merakit Mesin MPCNC
  1. Biaya Perakitan Murah
    • Kita hanya memerlukan Pipa konduit sebagai frame mesin CNC, dan itu sudah memangkas 50% dari biaya produksi.
  2. Area Kerja yang bisa kita sesuaikan
    • Ini dia salah satu alasan uniknya, karena di dalam Open Project v1engineering tidak memberikan patokan area kerja, dan disana disebutkan bahwa, Buatlah sesuka kamu. Well Its a Good Choice.
  3. Mesin yang multi fungsi
    • Kalian bisa menjadikan Mesin MPCNC tersebut menjadi Mesin 3D Printer, dengan area kerja yang luas, dan kalau kita lihat di website V1engineering, dia membuat mesin 3dPrinternya dengan menggunakan 6 Extruder sekaligus....

Persiapan



Sebelum kalian merakit mesin MPCNC, kalian harus mempunyai mesin 3D Printer, karena sebagian besar part yang kita rakit membutuhkan 3D Printer, dan waktu yang kita butuhkan untuk mencetak seluruh bagian mesin MPCNC adalah selama kurang lebih 115 JAM

Tapi Tenang saja, Apabila kalian tidak mempunyai mesin 3D Printer dan tidak ada waktu untuk mencetak Sparepart mesin MPCNC, kalian bisa memesan Sparepart MPCNC kepada saya dengan menghubungi Kontak saya yang ada disini Hubungi saya.


Mungkin itu saja penjelasan singkat dari saya untuk merakit mesin cnc sendiri. Pada artikel selanjutnya saya akan terus update Project ini sampai selesai.

Mohon dukung dan doanya, agar saya bisa terus update Project - Project keren lainya. yang berhubungan dengan mikrokontroller dan Home Improvement.


Bab 1 : Persiapan Merakit Mesin MPCNC
Bab 2 : Alat Dan Bahan Merakit Mesin MPCNC








0 Response to "1. Merakit Mesin MPCNC (Persiapan)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel