Arduino simungil Pintar Otak nya para robot

Berawal dari penasaran, dan keingin tahuan tentang alat alat canggih di sekitar kita. kok bisa ya sebuah alat di kontrol, bagaimana interaksi antara perangkat keras, apa yang mentrigger sehingga dapat merespon apa yang kita mau, kok bisa ya robot itu bergerak mengikuti kita ataupun robot tersebut dapat merespon segala perintah kita, yups itu semua berkat adanya PLC atau programming Logic Control,  bagi kita yang awam akan hal itu, mari kita bahas secara mendetail dari rangkuman yang sudah saya buat, awalnya untuk keperluan sendiri, karena ingin berbagi dan mempermudah apabila saya ingin melihat project atau kodingan bisa saya cari di blog saya ini.

Untuk pemula mungkin lebih baik kita menggunakan Arduino. Lalu Apasih Arduino?
Kenapa kita harus menggunakan arduino untuk pemula? mungkin itu adalah pertanyaan sobat ketika membaca artikel ini, ya sama seperti saya ketika ingin mencari tahu tentang hal tersebut.

Apa sih Arduino ?
Arduino adalah sebuah perangkat keras yang dapat mengontrol sebuah perangkat elektronik lain nya dengan sistem Digital. Didalam arduino sendiri terdapat Mikrokontroller Buatan Atmel yang dapat menyimpan program program yang sudah kita rancang.

Sebagai gambaran singkat mengenai mikrokontroller dalam kehidupan sehari hari adalah, Remote. Ya remote adalah gambaran kecil dalam sebuah mikrokontroller, dimana beberapa tombol yang mempunyai nilai tertentu kemudian data tersebut di kirimkan melalui inframerah, dan di tangkap misal oleh televisi sehingga bisa menentukan chanel tertentu sehingga kita bisa memilih chanel TV kita tanpa perlu memencet tombol manual di dalam box TV.

Lalu mengapa Harus Arduino Untuk Pemula ?
Jawaban nya adalah, Karena Arduino termasuk perangkat yang murah dan mudah di pelajari, karena banyak DIYers kita yang saling membantu dalam membuat project sehingga kita sebagai pemula sangat tertolong.

Sejarah Arduino
Arduino berawal dari sebuah Project thessis dari seorang kebangsaan Italia bernama Hernando Barragan pada tahun 2005, Arduino yang dalam bahasa Italia berarti teman yang berani. Tujuan dibuat Arduino adalah untuk membuat perangkat mudah & murah. karena sifat nya adalah Opensource, maka banyak pengembang berlomba lomba untuk membuat project dan menyumbangkan Ide bagus, sehingga kemunculan Arduino menjadi begitu pesat dan dikenal oleh berbagai kalangan.



Arduino Uno

ya, itu adalah Tipe dari sebuah arduino, Arduino uno merupakan tipe yang banyak di pakai para pemula, termasuk saat saya membeli pertamakali perangkat tersebut. Simple dan banyak Sumber sumber yang membahas Diy Project menggunakan Arduino Uno.



Masih belum greget tentang kecanggihan Arduino?

Dengan Arduino kamu bisa membuat robot yang akan mengikuti gerak kita.
Dengan Arduino kamu bisa membuat Mesin CNC / 3D Printer
Dengan Arduino kamu bisa membuat segala sensor (Sensor Suhu, Sensor kadar air, Sensor Gas, Sensor Beban, dan lain lain) yang akan menunjukkan nilai resistensi tertentu.
Dengan Arduino kamu bisa membuat Lampu Bunglon yang sedang trend di luar negri, tau lampu bunglon? lampu yang warna nya berubah sesuai warna yang kita inginkan. Coba kamu googling tentang Xiaomi Lamp, Kita bisa buat dengan Alat ini loh !!!, banyak sekali yang bisa kita buat dengan alat ini, Oleh karena itu saya membuat judul Arduino simungil Pintar Otak nya para robot .



Sudah mulai tertarik dengan Arduino? kalau sudah tertarik, lanjut baca kebawah ya, kalau tidak tertarik ya Close saja.



Spesifikasi Arduino Uno






Chip mikrokontrollerATmega328P
Tegangan operasi5V
Tegangan input (yang direkomendasikan, via jack DC)7V - 12V
Tegangan input (limit, via jack DC)6V - 20V
Digital I/O pin14 buah, 6 diantaranya menyediakan PWM
Analog Input pin6 buah
Arus DC per pin I/O20 mA
Arus DC pin 3.3V50 mA
Memori Flash32 KB, 0.5 KB telah digunakan untuk bootloader
SRAM2 KB
EEPROM1 KB
Clock speed16 Mhz
Dimensi68.6 mm x 53.4 mm
Berat25 g

Setelah Kita Baca Sejarah singkat dan spesifikasi dari Arduino Uno.
Sekarang kita lanjut ke Fungsi Pin Pada Arduino Uno r3 
Ini adalah Basic dan kamu harus paham sebelum melakukan DIY Arduino atau Ide bagus lain nya.

0 Response to "Arduino simungil Pintar Otak nya para robot "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel