2. Pemasangan Pipa Stainless Pada Mesin CNC(MPCNC)

Pemasangan Pipa Stainless Pada Mesin CNC(MCNC)


Halo sobat Idekubagus, Pada artikel kali ini saya akan meneruskan Perkembangan Project Merakit mesin CNC yang bernama MPCNC (Mostly Printed CNC).

Pada tutorial kali ini, saya akan membahas tahap Pemasangan Pipa Stainless pada mesin CNC.

1. Menentukan Area Kerja

Area kerja sangat penting di tentukan, karena disitulah Tujuan Alat ini akan kita gunakan untuk memotong Soft material seperti Plastik, Kayu atau Medium Material Seperti Aluminium. 

Saya belum bisa memberikan rekomendasi apakah alat ini mampu memotong besi, Dalam artian mampu adalah. Kekuatan dan keamanan Part dalam memotong.

Sebagai catatan, Area Kerja yang Aman untuk memotong Aluminium adalah Sebesar 30X40 CM, sedangkan untuk memotong Kayu/Plastik area kerja bisa kita sesuaikan dengan selera kita. Asalkan tidak melengkung pada titik tengah saat kita tekan Pipa tersebut.

Rekomendasi ketebalan Pipa stainless yang kita gunakan adalah dengan ketebalan minimal 1mm. Saya sendiri menggunakan pipa stainless untuk merakit mesin cnc ini dengan ketebalan 1,5mm.

kalau sobat Idekubagus ingin merakit mesin CNC untuk memotong Aluminium, Maka bisa mengikuti Detail Potongan Pipa Stainless dibawah ini.

Ukuran Pipa Stainless

Area Kerja X30, Y40, Z7.7 CM

X Axis 57 CM 3 Buah
Y Axis 67 CM 3 Buah
Z Axis 27 CM 2 Buah
Kaki 7 CM 4 Buah

Total pipa stainless yang dibutuhkan sebesar 454 CM, Tebal Pipa stainless 1,5mm


2. Pemasangan Pipa Stainless pada  CNC (MPCNC)

1. Pemasangan Kaki

pemasangan kaki pada mesin cnc mpcnc
Gambar 1

Langkah awal dalam pemasangan mesin cnc ini adalah dimulai dengan pemasangan Kaki kakinya. lakukan step di atas sebanyak 4 kali.

2. Pemasangan XY Rail

Pemasangan XY Rail mesin cnc
Gambar 2

Tahap kedua adalah pemasangan pipa XY rail, dimulai dengan memasangkan xy gantry pada pipa stainless xy rail  tersebut. Setelah XY Gantry sudah terpasang. maka pasang Botom Corner Parts dan kencangkan.

bottom corner mpcnc
Gambar 3

Perlu di perhatikan, pada pemasangan Botom Corner (Gambar 3), Bagian Kuping terdapat pada posisi Luar, karena kuping tersebut untuk memasang GT2 Belt. Jangan sampai salah ya, supaya tidak bongkar pasang lagi ^^.

3. Pemasangan XY Hub

Setelah langkah di atas sudah di jalankan, maka proses selanjutnya adalah Pemasangan pipa stainless XY Hub, pada Part XY Gantry, bisa di lihat pada Gambar 2.
Pemasangan roller mount mesin cnc
Gambar 4

Setelah di pasang, maka langkah selanjutnya adalah memasang Roller Mount, dan kencangkan pipa 
XY Hub tersebut, seperti pada gambar 4.

4. Pemasangan Z Axis

Pada Z axis, kita perlu sedikit memutar otak apabila perkakas yang kita miliki tidak lengkap. karena pada Pipa Z axis, kita harus membuat 2 Lubang pada masing masing pipa tersebut. Kalian bisa lihat posisi lubang nya pada Gambar dibawah ini.

mpcnc z axis rod holes position

Tips : Buatlah lubang awal pada ketinggian 22.50mm terlebih dahulu, setelah lubang awal dibuat maka pasang dan kencangkan baut Nut Trap pada lubang awal tersebut. 
Mesin cnc MPCNC Nut trap z axis
Nut Trap

Luruskan Posisi Nut Trap lalu Ketrik pada Lubang berikutnya, agar posisi Center dan pas pada lubang Nut Trap Tersebut.

Tool mount MPCNC
Tool Mount

Setelah Lubang pipa di buat. maka masukkan Nut trap kedalam Pipa Stainless, dan pasang Tool Mount pada Z Axis tersebut.Apabila sudah terpasang, maka bisa di lihat seperti gambar dibawah ini.

Pemasangan Nut Trap Z Axis Holes MPCNC
Z Axis Nut Trap
Setelah pemasangan Zaxis selesai, tinggal pasang Z axis Motor Hub, seperti gambar dibawah ini.
mesin cnc MPCNC Z Axis Completed Parts
Z Axis Completed Parts

Catatan Penting

1. Saat Pemasangan 3D Part pada pipa Stainless, Gunakan Oli / Pelicin pada Pipa supaya minimalisir gesekan dan mempermudah pemasangan.

2. Pengencangan mur dan baut, jangan pakai emosi ya, kencangan seperlunya saja, untuk meminimalisir Pecah 3D Parts nya.

3. Untuk Kalibrasi xy Axis, kalian perlu merubah bagian XY Gantry seperti pada gambar 2. bagian tersebut yang mempengaruhi kalibrasi xy Axis.

Okay sobat Idekubagus. sudah selesai tutorial pemasangan Pipa Stainless pada mesin CNC (MPCNC)

langkah selanjutnya adalah pemasangan elektrikal seperti motor stepper, ramps, dan proses pengkabelan lainya.

saya masih menunggu motor stepper Nema17 seperti pada gambar Z axis completed Parts, karena Stepper tersebut lumayan bagus tenaganya, sudah saya aplikasikan pada mesin Hypercube 3d Printer buatan saya.

untuk videonya nanti menyusul ya, sedang tahap pembuatan. jangan Lupa Subscribe chanel idekubagus, supaya saya tetap semangat membuat project keren lain nya.

apabila kalian ingin merakit mesin MPCNC tetapi belum mempunyai mesin 3D Printer, maka kalian bisa memesan 3D Printer Parts tersebut kepada saya, bisa menghubungi saya pada halaman Kontak.


0 Response to "2. Pemasangan Pipa Stainless Pada Mesin CNC(MPCNC) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel